Supaya sehat, Senam Yuk…

senam1

Olahraga senam pagi

Mempawah – Matahari di hari Jum’at ini terlihat begitu cerah, Jam sembilan pagi ini cuaca terasa segar walau sedikit hangat. Terlihat beberapa “emak-emak” dengan pakaian olahraganya yang casual berdatangan ke aula Pengadilan Agama Mempawah. Mereka ini ternyata anggota Dharmayukti Karini Cabang Mempawah. Kaum hawa dari Organisasi isteri dan pegawai wanita lembaga Peradilan ini, memang sudah biasa melakukan senam rutin setiap hari Jum’at.

Kegiatan senam ini, biasanya tempatnya bergantian, minggu ini di PA Mempawah, minggu depannya biasanya di PN Mempawah”  Cetus salah seorang anggota DYK perihal tempat penyelenggaraan senam.

Membiasakan olahraga memang tidaklah mudah, apalagi jika kita termasuk individu yang memiliki kegiatan serta kesibukan yang padat. Bukan hanya kaum hawa yang biasa bekerja di kantor aja lho, bahkan ibu-ibu rumah tangga pun kesibukannya tak kalah “gawat” dari ibu-ibu lainnya. Karenanya untuk berolahraga yang rutin memang cukup sulit dilakukan, terkadang malas juga sih…

Jika olahraga sulit untuk dilakukan, maka tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba jenis olahraga yang tetap optimal dalam menjaga kebugaran, seperti senam pagi. Perlu diketahui, olahraga senam ternyata memiliki manfaat yang lumayan ajiiib lho, kita cek satu persatu yuk:

Pertama, Membuat awet muda. Siapa sih yang tidak ingin awet muda, kaum hawa pasti sangat mendabakannya bukan?.  Gerakan senam membuat sistem peredaran darah berjalan lancar, sehingga tubuh mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup. Hasilnya kita terlihat lebih segar dan bugar. 

Kedua, Untuk kesehatan jantung. Menurut penelitian, penyakit jantung merupakan pembunuh nomor dua setelah struk lho. Jadi jangan main-main dengan kesehatan jantung. Kaitannya dengan senam, ternyata gerakan senam yang ritmik dan dinamis dapat memompa hormon adrenalin, yang kemudian membuat jantung berdetak lebih cepat, sehingga akan terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Ketiga, terhindar dari resiko Osteoporosis. Pernah lihat orang yang sebetulnya belum berumur senja, tapi sudah susah jalan. Nah kemungkina besar, tulangnya sudah rapuh alias sudah terjangkit osteoporosis. Gerakan senam dapat menyeimbangkan dua sel yang sangat penting untuk kesehatan tulang yaitu Osteoclast dan Osteoblast. Osteoclast merupakan sel yang berfungsi untuk membentuk tulang dari tulang rawan dan jaringan ikat membran. Osteoblast merupakan sel yang berfungsi untuk memecah matrik tulang yang telah mati dan kemudian menyerap kalsium yang tersisa didalamnya untuk diubah menjadi tulang yang baru. Hasilnya, pembentukan tulang didalam tubuh akan berjalan optimal, sehingga terhindar dari resiko Osteoporosis atau penyakit tulang lainnya.

Keempat, membakar kalori lebih banyak. Ingin menurunkan berat badan yang ideal ? Atau ingin body-nya terlihat aduhai didepan pasangan?. Lakukan saja gerakan senam, senam yang cocok biasanya senam aerobik, karena memiliki gerakan aktif dan cepat. Sebaiknya senam dilakukan sebelum sarapan, maka tubuh yang belum mendapatkan pasokan kalori akan membakar lemak sebagai cadangan energi.

Kelima, meningkatkan mood bahagia dan energik. Senam pagi juga dapat merangsang otak untuk melepaskan hormon endorphin yang berguna untuk memperbaiki mood, meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi stress, meningkatkan daya ingat dan lebih konsentrasi. Jadi bila sehari-harinya sering manyun, suka marah-marah ngga jelas. Bisa jadi anda butuh senam.

Kelima, Kesehatan mental membaik.  Saat senam paru-paru dipompa oksigen, jadi semakin banyak oksigen yang masuk kedalam tubuh dapat meningkatkan kesehatan mental, pikiran dan tubuh menjadi lebih segar. Dengan demikian tubuh menjadi lebih sehat karena pikiran menjadi rileks dan nyaman.

Pepatah arab mengatakan ” Al ‘aqlussaalim Fi Jismissalim” di dalam akal yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Bagaimana kita bisa beraktivitas dengan baik, kalau tidak ditopang dengan pikiran dan jiwa yang sehat. Berolahragalah, karena dengan olahraga kesehatan kita akan lebih baik, insya Allah…

Penulis: Tuti Yelvianti Taufik, Am. Keb. SKM (Anggota DYK Cab. Mempawah) 

About dykmempawah

Organisasi Wanita Peradilan Kabupaten Mempawah, beranggotakan istri-istri hakim dan istri-istri pegawai serta pegawai perempuan di lingkungan Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Mempawah

Posted on April 5, 2019, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment

Bulletin Dharmayukti Karini

PROVINSI SUMATERA SELATAN

BULLETIN

DHARMAYUKTI KARINI PROVINSI JAMBI

Discover WordPress

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.